Kata "Kebersamaan" terasa begitu familiar di telinga kita, khususnya
bagi mereka yg tergabung dlm sebuah organisasi. Tapi terkadang individu
di dlm organisasi tsb tdk tahu ato bahkn melalaikan arti makna dari
kebersamaan. Mengapa rasa kebersamaan begitu penting dlm sebuah
organisasi? Kata "Kebersamaan" memiliki makna sebuah ikatan yg trbentuk
krn rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama ato
hub. profesional biasa.
Kebersamaan memiliki 4 unsur yg harus diciptakan dan dijaga oleh setiap individu yg tergabung didlmnya:
1. Sehati & Sepikir (Satu Visi)
Dlm sebuah organisasi akan terdpt bnyk orang yg memiliki pendapat
berbeda. Satu kepala satu ide, seribu kepala seribu ide. Namun jika
ingin membuat organisasi kita kuat dan solid, maka selayaknya
kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi.
Tinggalkan perbedaan dan galang persamaan, akan mengantar organisasi
kita dpt berjalan dg lancar.
2. Tidak Egois
Sudah bukan
rahasia lagi jika manusia itu adl "makhluk egois". Apapn yg tdk memiliki
nilai tambah buat dirinya, kebanyakan tdk akan ada partisipasi yg
dikeluarkan, bahkan dianggap tdk penting. Jika sifat ini ada dlm sebuah
organisasi, bisa dipastikan organisasi tsb hanya punya program tapi tdk
ada kegiatan. Tdk ada yg mempelopori, krn semua menganggap apa yg mereka
lakukan tdk ada imbal baliknya. Jika ingin memiliki organisasi yang
solid, maka kita mulai utk belajar menurunkan Ego demi kepentingan
bersama.
3. Kerendahan Hati
Organisasi akan memiliki anggota
yg hegemoni (campuran). Terkadang ada sebagian anggota yg terlibat tdk
memiliki keahlian dan pengalaman khusus, modal mereka hanya sekedar
kerelaan demi memberikan sumbangsih. Maka selayaknya anggota yg memiliki
usia lebih tua, pengalaman lebih matang, keahlian lebih tinggi, kondisi
finansial lebih beruntung, utk menekan rasa sombong dlm diri dan rela
bekerja sama (sambil menuntun) dg anggota lainnya. Kerendahan hati akan
menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompok yang
terkotak-kotak.
4. Kerelaan Berkorban.
Setiap individu dlm
sebuah organisasi, akan memiliki sumbangsih yg bisa berbeda-beda. Ada yg
menyumbangkan dana, pikiran, fasilitas, tenaga ato waktu. yg punya
finansial lebih menyumbangkan dana utk transportasi dan konsumsi,
sementara yg memiliki waktu menyumbangkan tenaga dan waktunya utk
melaksanakan tugas. Perbedaan sumbangsih jgn sampai membuat gesekan
negatif yg bisa berdampak pada perpecahan. Jika ingin bekerja
bersama-sama, maka siapkan kerelaan utk mau berkorban dan jgn pernah
itung-itungan.
Jika setiap individu dlm sebuah organisasi
memahami dan terus belajar utk memenuhi 4 unsur diatas, maka lambat laun
organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid di
kemudian hari. Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan
terus bertumbuh, akan sangat membantu proses perubahan diri.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
akalmu uleng mbeng..hahhhaaaaaaaaa
BalasHapus